PERINGKAT WEBOMETRICS

Peringkat Universitas sangat dibutuhkan oleh calon mahasiswa untuk mengetahui kemampuan universitas yang ada baik di Indonesia maupun di dunia. WEBOMETRICS adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui website. WEBOMETRICS adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol. Dalam setahun, badan ini mengeluarkan daftar peringkat, yaitu Bulan Januari dan Juli. WEBOMETRICS adalah karya dari Cybermetrics Lab,  sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentación (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol.  Mempublikasikan rangking universitas setiap enam bulan sekali (bulan Januari dan Juli).  Alamat situs resminya: http://www.webometrics.info. WEBOMETRIC merupakan perangkingan Universitas yang dilihat dari sisi Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Penghitungan dan pembobotannya adalah dengan menggunakan Rumus: Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc). Melakukan penilaian universitas melalui 4 kriteria, yaitu :

Visibility (V) : Total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink), diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead.
Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead.

Size (S) : Banyaknya halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari : Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.

Rich Files (R) :  Volume file yang ada di situs Perguruan Tinggi atau Universitas, dalam format file yang dinilai layak masuk dalam penilaian seperti : Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
Volume file yang ada di situs Universitas dalam format (pdf, doc, ps, ppt).

Scholar (Sc): Sc ini diambil dari Google Scholar yang berisikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan yang bersifat akademis lainnya.
Jumlah penyajian tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis pada Google Scholar.

Sejak publikasi juli 2012 perangkingan webometrics mengalami perubahan pada parameter penilaian. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Parameter Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact adalah jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness adalah jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Serta Excellence adalah jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).

Sampai dengan saat ini Polnep melalui official website (www.polnep.ac.id) sudah mengikuti perangkingan webometrics sebanyak 15 (limabelas) periode. Di mulai dari periode juli 2010 sampai dengan periode terakhir juli 2017. Untuk peringkat polnep selalu mengalami dinamika, kadang naik dan kadang turun. Adapun posisi terakhir (juli 2017) berada pada posisi 10357 dunia dan 199 Indonesia. Untuk kategori politeknik polnep berada pada peringkat : 3 kalimantan; 12 indonesia; 20 asia tenggara dan 131 asia.

Berikut data peringkat dari periode juli 2010 sampai dengan juli 2017 :